Jumat, 28 Mei 2010

BELAJAR BAHASA INGGRIS SO FUN

Sudah menjadi jadwal kalo hari senin itu waktunya para penghuni puskom untuk belajar bahasa inggris dengan tentor handal sonny Karyawan International Office (IO) UNS.
Dari course gratis ini diharapkan jangan sampe para penghuni puskom yang satu gedung dengan IO ketika ditanya tentang jam bakal bingung menjawab pertanyaan si bule. seperti yang terjadi dengan teman saya mas hendri seperti yang dia tulis di blognya.

ini sudah kedua kali kami beramai-ramai belajar bahsa inggris bersama sonny. hari pertam kita just for fun aja dengan kata-kata asal jeplak. banyak kejadian lucu seperti rudi yang mengucapkan listen yang seharusnya diucapkan lisen tetapi malah diucap listen dan itu masih berulang hngga hari kedua (tetap semangat kawan)

pertemuan untuk hari ini agak sedikit serius dengan materi fundamental yaitu membentuk kalimat yang baik.Hal ini menjawab pertanyaan yang kadang sering muncul ketika belajar bahasa inggris yaitu penggunaan to be (is,am,are) dan tanpa to be dalam suatu kalimat. jikalau kita membentuk sebuah kata dengan pola kalimat menggunakan kata adjective atau noun maka dalam kalimat harus menggunakan to be. dan pola kalimatnya sebagai berikut:

s + to be + adjective/noun

contoh : i am a dokter
she is beautifull

dan jika kalimat yang digunakan menggunakan kata kerja (verb) maka tidak menggunakan to be
dan pola kalimatnya menjadi seperti berikut:

s + verb

contohnya : i go to school (ini yang benar)
i am go to school (ini salah)

itulah pola contoh dua pola kalimat yang benar. kami juga diajarkan membnetuk kalimat pasif walau hanya sedikit yang kata kerjanya menggunakan bentuk ketiga atau verb 3.

pola kalimatnya adalah :

s + finite form of to be + verb 3

contoh kalimat

my bike was stolen

itulah ilmu yang saya dapatkan pad hari kedua free english course yang bisa dibilang so fun karena tentor dan yang ikut belajar adalah teman sendiri sehinggatidak perlu takut untuk salah ucap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar